Sistem Informasi Keperawatan (SIK)

Kita tahu bahwa dalam sistem informasi keperawatan sudah lebih maju.  Penggunaan catatan pasien yang terkomputerisasi (computerized patient records) yang berkembang pesat, membutuhkan bahasa yang baku dalam menggambarkan masalah-masalah pasien. Diagnosis keperawatan melengkapi kebutuhan tersebut dan membantu menetapkan lingkup praktik keperawatan, dengan menggambarkan kondisi perawat yang dapat merawat secara mandiri. Diagnosis keperawatan menyertakan pemikiran kritis dan pembuatan keputusan, serta menyediakan istilah yang dipahami secara universal dan konsisten diantara para perawat yang bekerja pada beragam tempat, termasuk rumah sakit, klinik rawat jalan, fasilitas perawatan lain, fasilitas kesehatan okupasi, dan praktik pribadi/swasta. (Doenges et al. 1999)

Pembakuan klasifikasi dalam asuhan keperawatan merupakan hal yang sangat penting, apalagi jika kita bicara dalam konteks komputerisasi. Kesepakatan istilah dan terminologi akan memperbaiki proses komunikasi, menghilangkan ambiguitas dokumentasi serta memberikan manfaat lebih lanjut terhadap sistem kompensasi, penjadwalan, evaluasi efektivitas intervensi maupun sampai kepada upaya identifikasi error dalam manajemen keperawatan. Salah satu tantangan besar dalam informatika kesehatan adalah disepakatinya standar klasifikasi dan terminologi yang mencakup berbagai konsep (kedokteran, keperawatan, laboratorium, obat, patient safetyimages, pertukaran data, demografis) (Suparti, 2005)

Sistem Informasi Keperawatan yang di design dalam sistem ini adalah seluruh dokumentasi yang diperlukan dalam aktifitas keperawatan di ruang rawat inap. Dokumentasi Asuhan Keperawatan tentu menjadi yang paling utama dalam sistem ini. Selain dokumen Askep, juga ada laporan-laporan yang lain :

  1. 20 Diagnosa Perawatan Terbesar
  2. 20 Tindakan Perawatan (NIC) terbesar
  3. Resume Keperawatan (otomatis)
  4. Format Discharge Planning
  5. Laporan Tindakan Keperawatan
  6. Standar Operating Procedure dari NIC
  7. DLL

contoh yang dapat kita ketahui adalah simbak. simbak adalah sistem informasi manajemen berbasis asuhan keperawatan. simbak mempermudah cara pendokumentasian keperawata. hal ini membuat kinerja perawat berjalan dengan mudah. di Indonesia masih belum banyak manajemen rumah sakit yang belum menerapkan sistem informasi ini. padahal hal ini mempermudah cara pendokumentasian. di luar negeri sistem informasi dalam keperawatan yang menggunakan komputerisasi sudah sangat banyak dan lebih maju.

Menurut Herring dan Rochman (1990) diambil dalam Emilia, 2003: beberapa institusi kesehatan yang menerapkan system komputer, setiap perawat dalam tugasnya dapat menghemat sekitar 20-30 menit waktu  yang dipakai untuk dokmuntasi keperawatan dan meningkat keakuratan dalam dokumentasi keperawatan.

About these ads

2 Komentar »

  1. rio Said:

    boleh, download SIMBAK keperawatan gak…….minta donk….q lagi butuh SIMBAK….

    • yeniachmad Said:

      saya kurang tau untuk download simbak bagaimana. karena waktu itu sudah terdapat pada komputer pembelajaran di kampus dan dikenal kan oleh dosen pembimbing.


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: